Buku-buku Untuk Aktivitas Balita & Home Education

Saya termasuk agak sering (meskipun belum konsisten) membagikan aktivitas bermain Alyaka di Instagram Story saya. Yang bisa disimpan di highlight kebetulan saat usia Alyaka mulai 24 bulan, di highlight "Playing" dari 24-30mo dan 30-36mo. Sering sekali saya dapat pertanyaan dari teman-teman, dapat ide bermain dari mana? Lalu apa saja yang harus dibeli? Peralatan basic apa yang mesti dipunyai?

Nah kali ini saya mau coba membagikan buku-buku yang sudah saya baca sampai Alyaka berusia 35 bulan ini, yang membantu saya memahami dasar-dasar belajar di rumah dan metode montessori. Untuk kreasi aktivitas biasanya saya tetap mencontek dari instagram dan pinterest.

1. How to Raise an Amazing Child - The Montessori Way

Penulis: Tim Seldin
Seldin merupakan Presiden dari Montessori Foundation. Buku ini berbahasa Inggris, dan cukup tebal (192 halaman). Nah buku ini termasuk favorit saya, karena bisa memberikan landasan apa itu montessori, keyword dan juga prinsip-prinsipnya sejelas mungkin. Tidak berhenti sampai di aktivitas bermain atau keterampilan hidup, buku ini secara tidak langsung juga membahas tentang toilet training, bagaimana mencegah speech delay, mengajarkan anak untuk mengatur emosi, dll. Istilahnya, buku ini seperti bible dalam parenting. Ga heran kalau buku ini termasuk Best Seller di toko buku impor.



2. Home Learning - Belajar Seru Tanpa Batas

Penulis: Natalia Ridwan, Ning Nathan dan Yulianti Hendra
Buku ini bisa dibilang juga laying the framework of my home education activities. Para penulis menjelaskan dengan sangat baik mulai dari apa itu home learning, tipe-tipe pembelajaran, hingga hal praktikal seperti contoh aktivitas untuk tiap periode: Sensorimotor, Praoperasional, Operasi Konkret dan Operasi Formal. 


3. Montessori di Rumah

Penulis: Elvina Lim Kusumo
Elvina Lim Kusumo adalah founder dari IMC atau Indonesia Montessori.Com. Kebetulan buku ini saya ga beli, tapi dikasih sama Vandi & Kak Chemitz waktu lahiran Alyaka. Menurut saya di buku ini ga dengan jelas menjelaskan apa itu montessori, tapi kegiatan keterampilan hidup yang ada di dalamnya disusun dengan sangat rapi, juga gambarnya bagus dan mudah dipahami. Contoh-contoh kegiatannya dimulai sejak usia 3 tahun. Ohiya, buku-buku Elvina Lim Kusumo biasa dijua satu bundle sama judul yang lain, dan relatif murah.


4. Montessori Play and Learn

Penulis: Lesley Britton
Buku ini wajib dibaca jika kita pengen bener-bener memahami apa itu montessori, dengan kalimat yang gampang banget dimengerti dan dipahami. Ilustrasi ga terlalu banyak, tapi tidak mengganggu atau bikin bingung. Britton pun menulis dengan sangat terstruktur, dengan pembagian karakter anak sesuai dengan usianya.


5. Brain Games for Toddlers

Penuis: Jackie Silberg
Kalau buku yang satu ini sangat praktis, isinya dari awa sampai akhir hanya contoh aktivitas dan permainan yang bertujuan untuk mengembangkan otak si kecil. Saya cukup sering mencontek isinya karena simpel, ga pakai banyak benda, barang atau aparatus, dan fokus pada orangtua sebagai pemandu. 


Selain buku-buku di atas, saya termasuk juga sering baca buku tentang parenting dengan tema yang beragam. Kalau teman-teman tertarik untuk baca buku-buku di atas tapi masih berat untuk beli, bisa sewa lewat instagram @perbukuanku yang saya kelola. Buku-buku di dalamnya mostly tentang Parenting, Humas, Komunikasi, Fashion, Advertising dan Pengembangan diri. Ada juga nantinya buku-buku Alyaka yang sudah ga terbaca.

Masih proses upload, difollow dulu aja yaa :p

Selamat membaca!

Comments

Post a Comment

Popular Posts