[REVIEW] - OFF


Sebenernya saya udah tahu kalo saya butuh digital detox once in a while, dari beberapa bulan yang lalu. Inget saya pernah nulis tentang pentingnya detox digital di sini, dan sebulan puasa kemarin saya uninstall aplikasi instagram selama sebulan penuh.

Tapi lagi-lagi dan lagi, kalau bangun tidur terkadang biar 'melek' 100% saya terpaksa buka hape dulu. Di sela ngurus rumah dan main sama Alya saya scrolling social media (karena menurut saya yang paling mudah dan murah dan bisa sewaktu-waktu). Tanpa sadar waktu sehari saya megang hape udah balik kaya sebelum saya detox, dan saya yakin jadi akar permasalahan yang mengganggu keseimbangan mood dan zen dalam diri saya.

Sampe waktu di Big Bad Wolf kemarin saya nemu buku ini. Harganya murah banget pula cuma Rp20.000,- Tanpa pikir panjang saya beli siapa tahu dapat penguatan urgensi untuk melakukan detox digital lagi.

Buku ini terbagi jadi enam sesi. 
1. Ada sesi SET YOUR BOUNDARIES; yang isinya membahas kenapa kita harus memberikan batasan atas penggunaan telefon seluler kita dalam keseharian dan gimana cara memulai setting the boundaries from a simple way.
2. GO WITH THE FLOW: berisi ragam rekomendasi aktivitas yang bisa kita coba untuk unplugged dari penggunaan hape, yang menyarankan kita untuk mencari aktivitas yang dilakukan dengan berkesadaran dengan dua tangan.
3. GET BACK TO NATURE: Menekankan betapa pentingnya kembali ke alam untuk regain consciousness. Berisi macem-macem masukan kegiatan yang bisa kita coba untuk balik menikmati alam.
4. TAME YOUR TRIGGERS: Masukan tentang gimana cara biar kita ga terus-menerus ngecek handphone dan terpancing oleh notifikasi. Di bagian ini saya yakin salah satu hal yang membuat social media itu adiktif adalah di sana kita bisa dapet reaksi langsung dari para followers dan teman-teman: melalui likes dan komen interaktif. Dua hal ini memantik dopamin yang efeknya sama kaya ketagihan. No wonder orang ada (dan banyak) yang mati-matian mengupdate social medianya setiap hari karena itu salah satu hal yang membuat mereka merasa 'baik' di hari itu.
5. CHOOSE ANALOGUE: Mengajak kita untuk balik lagi pilih analog daripada digital agar kita ga rely ke smartphone terus menerus.
6. RECONNECT: Berisi macam-macam hal nyata yang bisa kita lakukan agar kembali terhubung sama lingkungan, sama orang-orang di sekitar dan membangun hubungan nyata yang akan lebih awet daripada hubungan lewat social media.

Yang saya suka dari buku ini selain bisa dibaca dari bagian mana aja, adalah ukurannya yang kecil dan ga makan tempat. Sebenernya satu buku gini bisa selesai dibaca dalam waktu sejam aja, tapi saya lebih suka baca satu sesi dan memikirkannya seharian penuh, biar meresap dan termaknai gitu, haha.

20.000 rupiah worth spending!

Comments

Popular Posts