Mengalahkan Potty Trained Regression


Sekitar lima bulan kemaren waktu pulang ke Solo, tiba-tibaaaa Alyaka poop di depan TV gayek mandenya. Yaampun! Apakah yang terjadi? 

Waktu itu saya mikirnya cuma “Ah dia lagi asik mainan piano makanya ga mau berhenti buat poop

Lalu tiba-tiba waktu balik ke Surabaya lagi, malah keterusan. Alyaka sama sekali gamau bilang waktu hasrat pengen poop-nya dateng. Dia bisa poop dimana aja bahkan ga malu-malu buat di kasur, sofa, you name it. Saya mesti selalu alert sama keadaan rumah karena berasa ada ranjau dimana-mana, apalagi waktu dia main sendirian X)

Setelah semingguan bener-bener ga bisa ditebak dia abis poop apa pee selain dipegang celananya, akhirnya saya mulai kewalahan. Sounding buat buang air di kamar mandi jelas udah saya lakukan berkali-kali ampe capek yang ngomong.


Foto saat Alya usia 17 bulan di Malaga, Spanyol.

Ternyata banyak penyebabnya anak-anak mengalami potty train regression, atau keadaan dimana anak yang tadinya udah lulus potty training dan lepas diapers pampers, malah mengalami kemunduran terus ngompol lagi. Saya akhirnya tanya-tanya ke kakak dan browsing, lalu menemukan bahwa mungkin:

1. Ternyata anak simply belum lulus.
 Bukan regression, tapi ternyata bisa aja anak ternyata belom lulus potty training bahkan setelah berminggu-minggu hingga berbulan-bulan dia berhasil lepas diaper. Drawbacks itu bisa terjadi karena faktor lain juga.

2. Perubahan jadwal, kebiasaan, atau tempat tinggal.
Nah ini kayaknya yang jadi tersangka kenapa tiba-tiba Alya ga disiplin ke potty lagi. Karena bolak balik Solo dan Surabaya, mungkin dia jadi kesulitan mengasosiasikan waktu dan kebiasaan sama tempat. Apalagi Alya termasuk anak yang tertib dan rutin banget sama jadwal sehari-harinya, mulai dari bangun jam berapa, tidur siang jam berapa, makan jam berapa aja. Nah pas pindah tempat kayaknya dia jadi sulit ngerti waktu, jadi mundur deh.

3. Perubahan pola makan.
Yang ini terjadi di ponakan-ponakan saya. Nah setelah diteliti sama Ibu-ibu mereka, akhirnya ketauan kalo selama ini jadwal makan keganggu sama aktivitas lain, yang menghasilkan drawbacks ini. Akhirnya dikembaliin lah kebiasaan makan minum kaya sebelumnya, dan ilang sendiri potty train regressionnya.

4. Trauma atau Stress
Baca di salah satu forum, ternyata ada trauma atau stress bisa bikin anak akhirnya ga mau ngomong kalo mau poop or pee. Salah satunya kedatangan anggota keluarga baru (adik, misalnya). Karena stress, bisa aja dia akhirnya ngambek atau caper. Trauma juga bisa dikarenakan dia pernah dimarahin karena pipis di celana, sehingga bingung harusnya kaya apa dan let go aja sembarangan.

Terus apa yang harus dilakukan kalo anak kena potty train regression?

1. Saya waktu itu memutuskan untuk ga panik, bahkan ga bereaksi apa-apa waktu ngerti Alya ngompol. Cuma nyeletuk dikit "Oops, adek kelepasan ya".

2. Setelah situasi netral, yaitu setelah dicebokin dan ganti celana, beberapa saat setelah itu saat ngelakuin aktivitas lain, coba bahas tapi dengan emosi senetral mungkin dan jangan marah. Tanya lagi ke anak: Seharusnya kalo ingin pipis harus apa, dek? Bilang ya? Dan pipis itu tempatnya dimana dek? Kamar mandi ya?"

3. Kembali saya tiap sejam sekali tatur dia ke kamar mandi kaya awal training. Tapi jangan dipaksa juga, karena terlalu mengintervensi keinginan dia buat ke kamar mandi malah bikin anak kepaksa dan tertekan ga ada kemerdekaan sama waktunya sendiri. Biasanya saya mulai dengan "Eh dek udah waktunya pipis nih, mau ke kamar mandi ga?" Nanti kalo dia strongly resists biasanya yaudah saya anggap lalu aja, ampe maksimal dua jam saya bawa ke kamar mandi lagi.

4. Setelah udah mulai teratur dan dia mulai ngomong lagi, saya kasi pujian tapi ga berlebihan juga. Sehingga dia merasa dihargai usahanya untuk jadi lebih baik.

Nah setelah dua minggu melakukan poin 1-4 di atas, akhirnya Alya udah bener-bener bisa ke kamar mandi sendiri. Bahkan kalo pergi kami udah berani ga pakein diaper sama sekali, karena pernah dipakein sekali dan waktu sampe rumah dia ngibrit ke kamar mandi dan diapernya kering :') Emang jangan males ajak anak ke WC kalo di luar, setelah diajarin di rumah mereka perlu konsisten juga ngelakuin di luar.

Inget jangan paniiik, karena takutnya si kecil jadi trauma. Semoga bermanfaat, ya!

Comments

Popular Posts