REVIEW MENSTRUAL CUP




Setalah setahunan terakhir pakai menstrual cup setiap datang bulan (meskipun ada beberapa kali terpaksa balik ke pad karena dapet pas di luar kota), saya baru berani nulis pengalaman saya pakai menscup. Menstrual cup, menscup, cawan menstruasi dan nama-nama lainnya itu. 

Saya baru berani pakai full selama 12 jam setelah empat bulan terakhir lepas IUD (Cerita kenapa lepas kontrasepsi spiral ada di postingan lain: Siap punya anak?), karena awal pakai saya sempet dibikin khawatir sama benang spiral yang ternyata harus dikonsultasikan dulu sama Obsgyn.

Merek menscup yang saya gunakan adalah lunette. Saya beli di Swedia seharga sekitar SEK 300 atau Rp450.000,-. Tergolong murah daripada beli di Indonesia, jadi kalo ada jastip mending titip aja yang lagi ke Eropa. Tapi semahal-mahalnya menscup menurut saya lebih murah daripada harus pake pembalut sampai sisa usia, dong.

Nah, perkenalan pertama saya sama menscup adalah saat saya lihat postingan kakak kelas saya di Facebook. Saat itu reaksi pertama adalah: Whaaat? Apa ga risih itu ya?! Nah setelah pindah ke Swedia, dan dalam keadaan sudah menikah juga, waktu jalan-jalan ke apoteket akhirnya memutuskan untuk beli. Dan dipengen-pengenin temen, karena katanya ga bau anyir, ga bikin tembus, risih lecet pembalut, praktis dan tentunya mengurangi sampah pembalut bekas pakai dong.

Akhirnya saya pakai lah tuh. Pertama kali pakai emang masih keganggu sama stem menscup yang menurut saya kepanjangan, dan lalu saya potong lalu jadi lebih nyaman. Ga saya potong semua sih, masih disisain dikit. Pernah juga panik luar biasa saat BAB, dan drama newbie pake menscup: Ga bisa nemuin barangnya pas bangun tidur! LOL

Nah menscup lunette ini kebetulan ada dua size: Besar dan Kecil. Kalo udah pernah melahirkan normal, disarankan pakai yang besar karena volumen menstruasinye lebih banyak pastinya.

 

Nah menscup ini dibersihinnya gampang banget. Setiap awal datang bulan, bersihin pake menscup wipe-nya. Atau kalo ga punya direndem di air mendidih selama 3-5 menit. Usahakan direndam dengan tetep dipegangin pake gagang atau capit karena takutnya bahannya rusak kena dasar panci. Dan pastinya pancinya jangan dicampur buat rebusan yang lain, karena takutnya residu dari makanan lain nempel juga kan kesian jijik sama yang lain. Lalu disiram air bersih dingin dan siap dipakai.



Nah, masukinnya ini yg tricky buat newbie. Pasti kagok banget, tapi lama kelamaan tar klo udah biasa ya jadi gampang ga ada kendala. Pertama-tama cup dilipat agar ujungnya kecil pake fold method yang paling nyaman menurut preferensi masing-masing. Kalo saya suka pakai punch down method. Nah kita ni mesti dalam kondisi rileks, biar otot bawah jg ga tegang. Lalu masukin sampe hanya stemnya yg bs kepegang. Abis itu lepasin lipetan sampai cup kembali ke bentuk awal. Periksa memutar pastikan cup udah menempel erat di vagina, kalo masi ada yang ketekuk berarti belum berhasil inserted dan hrs diulang lagi.

Lebih jelas videonya saya ambil dari  website resmi lunette:




Penggunaan maksimal 12 jam ya, lebih dari itu takutnya bakteri malah berkembang karena kan darahnya tertampung aja di dalem. Sebelum 12 jam, tinggal dikeluarin, buang isinya lalu bersihin pake cara awal agar higienis. Nyopotnya juga mesti tenang, harus cari posisi yang enak, bisa jongkok, bisa duduk di kloset, bersiri dengan satu kaki diangkat atau lainnya. Lalu tarik nafas, dorong kebawah persis seperti teknik ngeden saat kita latihan senam hamil, lalu cari stem-nya. Kalau stem-nya sudah kepegang, agak cubit bagian bawah cawan, lalu saat sudah lepas dan ga lengket di dinding vagina, tarik keluar dengan ditekuk sedikit.

Nah, ini FAQ seputar menscup yang ada di kolom komentar Instagram saya dan dari teman-teman yang saya ceritain langsung:

1. Tar kalau pipis gimana?

Tenang aja manteman, salurannya lain. Beda, meskipun deketan. Ini juga yang saya alami waktu awal BAB pakai menscup hahaha. Pasti juga aman, karena menscup nempel ke dinding vagina jadi selama bukan otot vagina yang digerakin dia ga bakal ikut gerak.

2. Pernah tembus ga?

Selama pakai ini saya belum pernah tembus karena selalu copot sebelum penuh, palingan cuma ngeflek sedikit karena kurang kenceng atau kepenuhan dikit yang biasa terjadi di hari pertama dan kedua mens.

3. Bisa bikin melar ga?!

Ini saya bingung bagaimana jelasinnya karena kalau lihat anatomi bagian kewanitaan, cup ga ganjel dimanapun, hanya menyisakan stem kecil di bagian bawah.

4. Ngilu banget bayanginnya, emang engga ngilu ya?

Biasanya pas dibayangin tu emang selalu terasa lebih daripada saat sudah dilakukan hehehe

5. Apa jari tangan ikut masuk? Kan ga higienis?

Jari tangan tetep masuk sedikit untuk memastikan cup ga lepas sebelum mapan di posisi, dan cuma di bagian bawah aja ko. Cuma sebenernya bahan menscup ini antibakteri lho jadi saya ga terlalu parno masi kotor atau engga, karena jujur aja saya ga berencana untuk pindah lagi pakai pembalut setelah merasakan "enaknya" pakai menscup. No complain!

6. Direkomendasikan untuk yang belum nikah ga?

Penggunaan menscup ini beresiko rusaknya selaput dara ya, jadi yang belum perawan, untuk alasan kepatutan jelas ga saya rekomendasikan. 

7. Rasanya sama kaya pake tampon, ga?

Belum pernah pakai tampon, jadi belum bisa bandingin hehe

8. Satu menscup bertahan berapa lama?

Sepanjang masih bagus, belum ada discoloration yang terlalu mengganggu (seperti punya saya ini kan transparent) masih aman dipakai deh.

9. Kalau lagi traveling, ga memungkinkan untuk rendam air panas gimana?

Saya kebetulan beli cupwipe-nya juga, semacam tissue basah antiseptiknya. Tapi kalau ga ada disiram air matang biasa juga gapapa selama tangan kita bersih.


10. Kalau lagi ga dipake disimpen dimana?

Saya bersihkan dulu lalu simpan di pouchnya yang disediakan sama lunette. Semua menscup sepertinya dijual bersamaan dengan pouchnya agar terjaga kebersihannya.


Untuk lebih jelasnya soal ukuran, cara pakai, cara membersihkan dan lain-lain boleh langsung cek ke website resmi lunette aja, ya! Semoga membantu :)


Comments

Popular Posts