[RECIPE] - Beef Cube A La Mama

Postingan resep beef cube ini menjadi postingan resep masakan pertama yang saya buat di Indonesia, haha. Beberapa bulan belakangan ini saya memang sangat direpotkan dengan kegiatan dobel: menjadi ibu rumah tangga, wirausaha dan pekerja pabrik. Keduanya menuntut banyak sekali waktu sehingga saya jadi ga rutin posting.

Minggu kemarin, akhirnya saya membuat satu keputusan besar dalam hidup saya: Meninggalkan Solo. Lima bulan setelah pulang dari Swedia saya memang masih tinggal di rumah orangtua, sambil membantu papa dan kakak di pabrik. Di Solo, saya full mengurus kerjaan di pabrik dari pagi hingga sore. Sehingga Alyaka dipegang oleh pengasuh saya dari kecil, Mbahti. 

Setiap dua minggu sekali saya ke Surabaya, dan di Surabaya saya 100% menjadi ibu Rumah Tangga mengasuh Alyaka dan ngurus rumah. Melakukan dua pekerjaan yang berbeda, ditambah harus menempuh jarak 4 jam setiap perjalanan bawa balita, lama kelamaan membuat saya capek dan merasa ini sungguh ga baik untuk well-being saya. Sulit konsentrasi, pasti. Goals saya untuk hidup lebih teratur pun menjadi berantakan.

Yang paling sulit dari pamit kali ini adalah meninggalkan kakak ketiga saya menjalankan usaha sendirian, ditambah lagi kakak sedang harus konsentrasi menghadapi penyembuhan ponakan saya. But somehow I know she'll be fine :) Dan seperti biasa meninggalkan rumah selalu bikin haru... Padahal saya seharusnya udah mastering ilmu pamit keluar dari rumah, secara 3 tahun pernikahan saya udah keluar masuk rumah orangtua berkali-kali. Bukan, bukan karena "pulangkan saja aku pada ibuku" tapi karena suami merantau kesana kemari dan saya belum bisa ikut :p

Lah ko jadi panjang curhatnya yaaa... 

Ini resep oleh Bu Sisca Soewitomo, saya modif dikit. Alhamdulillah rasanya enak, apalagi Alyaka teryata ga ada alergi sama bahan di masakan ini. 


- -



Beef Cube A La Mama
Resep oleh Sisca Soewitomo (dengan sedikit modifikasi)

Bahan:
Beef Cube:
- 500 gr Daging Sapi has dalam; potong dadu
- 2 sdm mentega
- 1 buah bawang bombay; iris
- 150 ml air
- 100 ml krim kental; saya pakai merek ElleVire
- 200 gr jamur champignon

Marinated Sauce:
- 5 siung bawang putih; haluskan
- 2 sdm minyak wijen
- 2 sdm kecap manis
- 1 sdm saus teriyaki
- 2 sdt garam
- 1 sdt merica bubuk
- 1 sdt bubuk pala

Mashed Potato:
- 500 gr kentang
- 1 sdm mentega

Tumis kengkung:
- 1 ikat kangkung
- Garam secukupnya

Cara Membuat:
1. Bersihkan daging, lalu potong dadu 3 cm
2. Campur bahan rendaman/ marinated sauce menjadi satu, lumuri ke daging dan taruh di chiller selama kurang lebih 2 jam supaya bumbu meresap. Sambil menunggu, kukus kentang untuk mashed potato dan rebus kangkung bersama sedikit garam.
3. Panaskan mentega, tumis bawang bombay hingga harum. Sisihkan. Lalu masukkan rendaman daging, tambahkan air, masak hingga daging lunak.
4. Tambahkan krim kental dan jamur kancing, masak sebentar. Lalu masukkan bawang bombay, aduk rata dan angkat.
5. Mashed Potato: Kentang yang sudah dikukus lalu dihaluskan, campur dengan mentega, merica dan garam, lalu panaskan sebentar. Tata mashed potato, beef cube dan kangkung. Siap dihidangkan.


Comments

Popular Posts